Saturday, October 9

Surat Cinta Soekarno

IR. SOEKARNO, Presiden Pertama RI

Penggalan kalimat di dalam surat cinta kepada Fatmawati bertanggal 11 September 1941 :

O, Fatma, jang menjinarkan tjahja. Terangilah selaloe djalan djiwakoe, soepaja sampai dibahagia raja. Dalam swarganya tjinta-kasihmoe....


Penggalan kalimat di dalam surat cinta kepada Yurike Sanger (aslinya berbahasa Inggris)

Yury,
Aku mengunjungimu hari ini, tapi kamu sedang keluar (ke Wisma Shelll?) Aku datang hanya ingin mengatakan “Aku cinta kamu”.

Milikmu
Sukarno

Dalam surat yang lain kepada Yurike Sanger (aslinya berbahasa Inggris) :

Kasih tercinta Yuri,

Hari ini aku tidak bisa datang.
Aku sangat sibuk, yang mana
aku tidak dapat mencari waktu untuk menemuimu.

Tapi aku melihatmu dalam hatiku,

Jaga dirimu baik-baik.

Surat kepada Ratna Sari Dewi (Naoko Nemoto) :

Bertanggal 2-10-'65


Dewiku tercinta,

Saya dalam keadaan baik dan sangat sibuk dengan konferensi bersama semua panglima

militer untuk menyelesaikan konflik di kalangan militer. Jangan khawatir, sayang!

Sayang dan 1000 ciuman

Sukarno

No comments: