Thursday, October 7

Jika cinta harus berlabuh

Bismillahirrahmanirrahim, Assalamu`alaikum wr w

Cinta emang ga pernah ngebosenin untuk dijadiin bahan obrolan. Cinta ga bisa pupus oleh waktu, ia senantiasa hadir dalam kehidupan kita. Asyik banget klo kita bahas tentang cinta, karena cinta memiliki keunikan dan sekaligus keajaiban.

Nah bicara tentang cinta, ada satu fenomena yang menarik dan perlu mendapat perhatian dari kita semua. Sepertinya sebagian besar dari kita selalu merasa “gatal” bahwa jika cinta tak diekspresikan dengan aktivitas mencintai, akan berakhir dengan kesengsaraan dan penderitaan. Itu sebabnya, jgn heran jika akhirnya banyak yang salah paham dalam memaknai cinta. Cinta sebenarnya tak sama dengan aktivitas mencintai, kalo dalam bahasa ilmiahnya sama sekali tidak berbanding lurus :)

Disini, saya sama sekali ga mau men-judgde mana cinta yang baik dan mana cinta yang tidak baik. Karena cinta itu ga ada yang pernah salah, yang salah hanya keadaan yang dipaksakan yang menjadikan cinta itu yang salah :)

Saya cuma mau berbagi aja, bagi teman2 semua yang sudah memiliki cinta, sungguh beruntunglah kalian. Walaupun kalian ini gak goodlooking (baca : cakep/cantik), kalian gak tajir (baca : punya pulau pribadi :P), kalian gak pinter (baca : IQ 200 ke atas)… Tapi kalo kalian punya cinta, wah Subhanallah… Cinta adalah anugerah terindah dari Allah SWT… Kalian semua pasti pernah merasakan cinta kan? Cinta yang universal.. Cinta kepada Allah SWT, cinta kepada orang tua, adik, kakak, dan cinta kepada lawan jenis yang tentunya sudah halal. Nah yang terakhir ini nih yang mau saya omongin…

Memang aneh kali ya, kebanyakan tuh kita mencintai secara imajiner atau dalam khayalan. Sebenernya sih ga masalah karena karakter cinta itu memang begitu adanya (bahasa betawi nya : dari sono nye :P) Tanpa bersatu pun, kita bisa menyandarkan cinta dan harapan kepada orang yang kita rasakan sebagai belahan jiwa kita.

Tapi klo emang ingin ada pelabuhannya, ingin ada dermaga nya ya gak masalah juga kalo diwujudkan kok. Capek juga kali yee klo berlayar tapi gak pernah berlabuh, bukan begitu bukan? :)

Tapi klo mau berlabuh juga jangan ngasal ya, karena akan mengganggu perjalanan kapal cinta kita (ciyeee…). Begitu juga klo kita mau melabuhkan cinta kita, jangan asal2an.. Harus jelas waktu dan tempatnya dan tentu saja sebagai pelabuhan terakhir :)

Buat kalian yang masih ragu, banyak2 doa aja. Biarkan cinta dan keberanian kita itu tumbuh di taman hati kita dengan sendirinya, sehingga gak diganggu rasa bersalah dan kecewa pada nantinya.

Nah klo buat yang udah pada punya inceran tapi statusnya masih sperti yang diatas, banyak2 berdoa juga yah…

Ada secuplik doa yang menurut saya sih bagus banget…

“Ya Allah, aku sungguh mencintainya. Aku tak sanggup memalingkan rasa cinta itu kepada yang lain. Ia menjadi kupu-kupu indah di taman hatiku, ia menjadi laksana bunga segar di ruang hatiku yang kosong dan gersang. Ya, Allah, terima kasih Engkau telah anugerahkan kepadaku rasa cinta kepadanya. Rasa cinta yang mampu menggerakkan segala potensiku untuk berkarya dan memiliki semangat hidup. Jika memang ia jodohku, tetapkan hatiku untuk mencintainya. Jika ia baik untuk agamaku, dakwahku, dan kehidupan di dunia dan akhirat, mudahkanlah ia untuk kudapatkan. Kuatkan terus sinyal cintaku kepadanya. Tapi… aku juga punya pinta…karena sementara ini aku belum bisa mengungkapkan kepadanya, aku mohon kepada-Mu untuk menjaga rasa cintaku kepadanya sampai batas waktu yang tepat untuk mengungkapkan nya. Berikan juga cinta-Mu kepadanya agar ia mencintaiku sebagaimana aku mencintainya. Tetapkan rasa itu, ya Allah… Jagalah aku dari perbuatan buruk akibat cinta ini. Tapi jika ia bukan dermaga untuk berlabuhnya cintaku, tolong carikan dermaga lain yang tepat untuk cintaku. Aku ikhlas atas segala keputusan-Mu...”

Tmen2 smuanya, jgn sepelekan kekuatan doa yah.. Karena doa itu sendiri adalah senjata bagi orang muslim. Nah pasti temen2 dah pada tau kan, kita ga bisa mencapai suatu tujuan kita tanpa ikhtiar dan doa.. Maka doa juga berperan penting disini.. Ga boleh ada yang tumpang tindih… Insya Allah apa2 saja tujuan yang kita tuju akan tercapai, Amin Ya Rabb…

Ok, that`s all…. Mohon kritikan dan saran nya atas tulisan saya ini yah smuaa… Kalo ada kata2 yang salah baik yang sengaja maupun tidak, harap dimaafkan… Mengutip kata2 Bunda Dorce, kebaikan semua datangnya dari Allah SWT, namun kesalahan berasal dari diri saya sendiri..

Makasih:)

Wassalamu`alaikum wr. wb.

(isi tulisan ini sebagian besar dikutip dari buku “Loving You, Merit Yuk!” karangan Oleh Solihin & Hafidz341 yang disertai perubahan2 pada bagian2 tertentu)

No comments: