Saturday, October 9

Surat Cinta NAPOLEON BONAPARTE

NAPOLEON BONAPARTE, Kaisar Perancis

Sebagai keterangan tambahan selain catatan tentangnya yang berhubungan dengan kemiliteran yang cemerlang dan menakutkan, Napolean Bonaparte ( 1763 -1821) ternyata adalah seorang menulis surat yang aktif. Ia telah menulis sebanyak 75,000 lembar selama hidupnya. Di antaranya dikirimkan kepada istri yang cantiknya, Josephine, sebelum dan selama pernikahan mereka. Surat berikut ini ditulis tahun 1796 tepat sebelum perkawinan mereka. Surat ini menunjukkan kelembutan dan emosi dari seorang kaisar masa depan.


Surat ke-1

Paris, Desember 1795

Aku bangun dalam keadaam memikirkan kamu. Fotomu dan sore yang memabukkan itu dimana kita menghabiskan waktu bersama dan sekarang tinggallah perasaanku yang kacau-balau. Josephine manisku, yang tidak dapat dibandingkan dengan apa pun, yang berpengaruh aneh terhadap hatiku! Apakah kamu marah padaku? Apakah benar yang kulihat ini bahwa engkau bersedih hati? Apakah engkau khawatir? Jiwaku tersiksa oleh kesedihan yang mendalam yang tak pernah bisa beristirahat untukmu sayang. Tetapi masih adakah kau simpan untukku penyerahan dirimu akan perasaan yang dalam terhadapku. Masihkah kan ku dapatkan dari bibirmu, dari hatimu, cinta yang membakarku seperti api? Ah! Malam itu aku menyadari sepenuhnya betapa salahnya aku menggambarkan tentang kamu dari foto yang kau berikan kepadaku!

Kamu meninggalkanku siang itu; Aku hanya melihatmu selama tiga jam.

Sampai kemudian, mio dolce amor, seribu ciuman; tetapi jangan berikan padaku lagi, karena ciuman itu telah menjadikan darahku terbakar.


Surat ke -2


Musim Semi, 1797

Kepada Josephine,

Aku sudah tidak mencintaimu lagi; sebaliknya, aku membencimu. Kamu sungguh celaka dan suka melawan, sungguh dungu, benar-benar seperti Cinderella. Kamu tidak pernah sama sekali menulis surat untukku, Kamu tidak mencintai suamimu ini; Kamu tahu surat-surat mu akan menyenangkanku, tapi kenapa kamu tidak bisa menyediakan waktu untuk menulisnya walau setengahnya saja, tulislah dengan cepat dan segera! Apa yang kamu Anda lakukan sepanjang hari, Nyonya? Urusan apa yang lebih penting sehingga menyita waktumu sampai tidak ada sedikitpun untuk menulis balasan surat kepada kekasihmu yang setia ini? Apa ada yang lain yang bisa menepis kasih dan menawarkan lebih dibanding kasih setia yang sudah kujanjikan? Siapa kekasih baru yang luar biasa ini, yang telah merampas setiap detikmu, mengekangmu hari-harimu dan mencegah perhatianmu kepada suamimu ini?

Hati-hati, Josephine; satu malam yang tepat pintu-pintu rumah akan hancur berkeping-keping dan aku hadir di sana. Sesungguhnya aku merasa cemas, kasihku, karena tidak ada kabar darimu. Tuliskan untukku empat halaman surat sekaligus sesegera mungkin dengan kata-kata yang menyenangkan untuk mengisi hatiku dengan emosi dan kegembiraan. Aku berharap untuk memelukmu dalam waktu yang lama, dan aku akan mencurahkan sejuta ciuman untukmu, membakar seperti matahari di Katulistiwa.


Surat ke-3

Salah satu surat yang paling langka dan menyentuh dari koleksi itu adalah surat cinta membara yang ditulis Napoleon kepada calon istrinya, Josephine, pada pagi hari setelah mereka bertengkar hebat. Asli surat ini laku 557 ribu dollar AS ( Rp.5 M) pada lelang di London.


"Saya mengirimkan kepadamu tiga ciuman. Satu pada hatimu, satu pada mulutmu dan satunya lagi untuk matamu," Tulis Napoleon, dalam surat yang penuh koreksian dan coretan itu.

No comments: